Persawahan di Di Desa Mayang

Posted by desamayang on July 22, 2018 with 5 comments
(Sumber : Dokumen Pribadi)

Desa Mayang merupakan salah satu desa di daerah kecamatan Cisalak, Subang. Sebagian besar desa ini merupakan areal pertanian, salah satunya yaitu areal persawahan. Sawah merupakan areal pertanian yang digunakan untuk menanam padi. Sawah di Desa Mayang merupakan sawah irigasi karena desa ini memiliki 3 sumber air yang mengalir sepanjang tahun, baik musim penghujan maupun musim kemarau. 


(Sumber : Dokumen Pribadi)

Karena Desa Mayang merupakan daerah pegunungan, maka sawah di desa ini dicetak berteras atau lebih dikenal terasering atau sengkedan. Hal itu dilakukan untuk menghindari erosi dan menahan air. Hal itu menjadikan persawahan di Desa Mayang sangat indah dan menyegarkan mata. Ditambah dengan air yang mengalir di persawahan merupakan air yang jernih dan juga udara yang masih bersih.

 (Sumber : Dokumen Pribadi)

Masyarakat Desa Mayang umumnya melakukan penanaman padi 3 kali panen dalam satu tahun. Proses pemupukan didesa ini sebagian menggunakan pupuk organik (dari kotoran ayam) dan sebagian menggunakan pupuk kimia. Sebagian masyarakat Desa Mayang merupakan buruh tani. Ibu-ibu yang menjadi buruh padi dibayar Rp 25.000,00 per hari, sedangkan bapak-bapak nya dibayar Rp 50.000,00 per hari.